Responsive Banner design
Home » , » Kemangi, Tanaman Liar yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Kemangi, Tanaman Liar yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan



Pada umumnya semua orang sudah mengetahui kemangi. Tumbuhan ini banyak dijumpai di sekitar kita dan sangat terkenal dengan aroma baunya. Saat ini kemangi benyak digunakan sebagai lalapan, atau sebagai campuran makanan lain. Selain untuk menambah kelezatan makanan juga dapat menambah aroma makanan. 

Tumbuhan kemangi ini memiliki rasa agak manis, bersifat dingin, berbau harum dan menyegarkan. Seluruh bagian kemangi ini memiliki efek farmakologis diantaranya menghilangkan bau badan dan bau mulut, anestesi, melebarkan pembuluh kapiler dan banyak manfaat lainya. Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat untuk memeprkuat daya tahan hidup sperma dan mencegah kemandulan.

Berikut ini lima manfaat tuumbuhan kemangi untuk kesehatan.

1.       Mengobati Keputihan
Daun kemangi memiliki kandungan antibiotic yang dapat memebunuh kuman penyebab keputihan. Penggunaanya bisa langsung memakan daun kemangi sebagai lalap atau juga bisa direbus dengan air secukupnya kemudian digunakan untuk membasuh area kewanitaan.

2.       Mengatasi Bau Mulut
Beberapa tumbuhan memang ada yang memiliki kandungan atau aroma tertentu, salah satunya kemangi. Pada zaman dahulu kemangi dijadikan sebagai ramuan untuk menghilangkan bau mulut. Selain untuk mengatasi bau mulut kemangi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap atau menjaga keringat agar tidak terlalu bau.

3.       Sariawan
Kemangi juga dapat digunakan untuk meredakan sariawan. Kandungan antibiotik dan asam aspartate pada daun kemangi dapat membantu mentralisir dan membersihkan daerah yang terkena sariawan.
Caranya, rebus daun kemangi segar sebanyak 15 g dalam 2 gelas air selama 15 menit, minum dua kali sehari masing-masing � gelas.

4.       Mengatasi Antiradang
Zat cineole myrcene dan eugenol yang terkandung dalam kemangi berperan sebagai antibiotik alami yang berfungsi sebagai obat anti radang. . Antibiotik tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Karena itulah mengkonsumsi daun kemangi dapat membuat anda terhindar dari peradangan.

5.       Peluruh Haid
Manfaat berikutnya yaitu dpata digunakan sebagai obat alami untuk memperlancar haid. Haid yang tidak lancer terkadang sangat mengganggu terutama bagi wanita yang memiliki aktifitas lebih. Tidak ada salahnya mencoba ramuan ini, selain mudah didapat ramuan ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
Cara penggunaanya, rebus daun kemangi segar sebanyak 15 g dalam 2 gelas air selama 15 menit, minum dua kali sehari masing-masing � gelas.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog