Responsive Banner design
Home » , , » Wajib Dibaca, 10 TIPS Agar Ayah Dekat dengan Anak Walaupun Sibuk

Wajib Dibaca, 10 TIPS Agar Ayah Dekat dengan Anak Walaupun Sibuk



Ayah adalah pemimpin rumah tangga. Ia bertanggung jawab terhadap kebutuhan keluarga. Untuk itu, banyak ayah yang harus bekerja keras dan hanya punya waktu sedikit untuk anak-anaknya. Tetapi meskipun demikian, mendidik anak juga adalah kewajiban ayah bersama ibu.

Nah, buat ayah yang sibuk, 10 Tips berikut ini layak dicoba untuk mendekatkan anak kepada ayahnya. 

1. Memeluk dan mencium Anak 

Sesibuk apapun orang tua, harus meluangkan waktu untuk aktivitas ini. Apakah dilakukan pagi hari, sebelum, atau sesudah pulang kerja. Atau memeluk anak sebelum anak tidur. 

Terkadang kasih sayang bisa menjadi cara yang aman untuk menghentikan perilaku buruk.

Hal ini dapat mengangkat semangat dan mengubah sikap anak pada kedua orang tua dan sudah terbukti kalau anak-anak akan merasa mendapatkan kasih sayang dari orang tua mereka. 

Bahkan Rasulullah SAW mencontohkan hal ini.

Dari Abu Hurairah dia berkata "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah mencium Al Hasan bin Ali sedangkan disamping beliau ada Al Aqra' bin Habis At Tamimi sedang duduk, lalu Aqra' berkata; "Sesungguhnya aku memiliki sepuluh orang anak, namun aku tidak pernah mencium mereka sekali pun, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memandangnya dan bersabda: "Barangsiapa tidak mengasihi maka ia tidak akan dikasihi." (HR. Bukhari)

2. Menyatakan sayang

Kata-kata yang tulus dari seorang ayah akan sangat berbekas pada anak. Wahai ayah, sesekali katakanlah dengan tulus bahwa Anda mencintai sang anak. Ketika Anda mengatakan ini, pastikan Anda menatap matanya. Dan juga pastikan dia mendengarkan dengan seksama. 

3. Mempunyai waktu khusus dengan anak

Di sela-sela kesibukan ayah, rancanglah waktu khusus untuk bersamanya. Jika memungkinkan, rancanglah waktu khusus untuk setiap anak Anda secara berkala. Waktu khusus ini akan membuat anak merasa dia adalah bagian penting dari ayah. Ajak dia makan,atau sekedar jalan bersama.

4. Bermain bersama

Jika sudah sampai di rumah, setelah beraktivitas, tidak ada salahnya ayah mencoba ikut bermain bermain bersama anak. Ikut menarik mobil-mobilan si buah hati, atau bermain peran bisa sangat menyenangkan bagi mereka.

5. Waktu tanpa gadget

Akan lebih bijak bagi ayah untuk menjauhkan diri dari gadget ketika bertemu dengan anak. Taruh lah di laci untuk sementara waktu. Sehingga pertemuan dengan buah hati akan semakin berkualitas, walaupun secara kuantitas sedikit.

6. Mengajak berbicara

Ketika menonton berita, atau ada suatu kejadian yang menarik baginya, coba lah ayah mengajak bicara untuk mengetahui pendapat anak tentang hal tersebut. Itu akan membuat anak merasa dihargai dan semakin dekat dengan ayah

7. Pertemuan keluarga

Sesekali, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berkumpul dan bermusyawarah tentang situasi di rumah dan lingkungan. Pertemuan bisa lebih santai jika di tempat rekreasi, taman, atau di tempat yang lain. Dari pertemuan itu akan terjalin komunikasi dan saling memahami di antara anggota keluarga.

8. Meminta bantuan

Mintalah bantuan kepada anak untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Namun harus disesuaikan dengan usia mereka. Memberikan mereka kepercayaan dan tanggung jawab adalah salah satu cara yang efektif untuk membangun kedekatan dengan anak. Jangan lupa ucapkan terima kasih jika mereka sudah membantu ayah.

9. Bercerita/mendongeng

Hampir semua anak senang untuk mendengarkan cerita atau dongeng. Apalagi jika itu dilakukan oleh ayah. Carilah cerita yang menarik dan sesuai dengan usia mereka.

10. Mengajak bermain tebak-tebakan

Entah mengapa, anak-anak senang sekali mendapatkan tebakan baru. Jika mereka dapat tebakan itu dari teman di sekolah, mereka akan mengetes ayahnya di rumah. Tapi jika dapat dari ayah, mereka akan merasa senang untuk mengajukan tebakan itu untuk teman-teman di sekolah. Nah ayah, cari saja tebak-tebakan di internet dan sampaikan ke anak. Yakinlah bahwa anak akan merasa senang mendapatkan bahan tebak-tebakan dari ayah mereka.

Demikianlah 10 tips untuk membangun kedekatan ayah dengan anak. Semoga bermanfaat. Apakah Ayah punya tips yang lain, silakan di share di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog